Tuesday, May 10, 2016

Apakah Tim Kreatif TV Indonesia Masih Pantas Disebut "Kreatif"

Viewers.id - Tim kreatif tergabung di bawah departemen produksi, atau bahkan di bawah langsung eksekutif produser. tim kreatif akan konsentrasi khusus pada konten-konten acara yang diproduksi oleh televisi tersebut. Pun demikian di production house tentunya. Bahkan di luar sana ada creative house, yakni semacam rumah produksi yang konsen pada hanya pembuatan konsep-konsep program televisi. Seperti judul diatas apakah Tim Kreatif TV Indonesia masih pantas disebut kreatif? karna seperti kita ketahui tayangan acara TV Indonesia dari Talkshow, Variety Show, Rality Show, Komedi bisa dibilang kualitasnya tidak ada. berikut saya ingin memebrikan alasan kenapa tim kreatif Indonesia tidak layak disebut Kreatif.

Miskin Ide Dan Cendrung Plagiat
Sudah menjadi rahasia umum acara TV di Indonesia sering ikut ikut acara TV Luar Negri. Mulai dari Talkshow, Reality Show, Variety Show bahkan Sinetron. contoh saja Variety Show Korea Running Man yang dijiplak salah satu TV Swasta. Kalau untuk urusan Sinetron sudah banyak TV Indonesia menjiplak Drama atau Serial TV Luar Negri. so gak usah disebutin lagi. Tim Kratif TV Indonesia seperti tidak punya ide untuk membuat acara TV yang Fresh dan berbeda dari lainnya

Latah dan Ikut Ikutan Tren
Sebenarnya hampir sama dengan poin pertama tapi ini sedikit berbeda. seperti yang kita ketahui TV Indonesia selalu Latah apabila ada salah satu TV Booming dengan satu acara. maka TV lain berlomba lomba membuat acara yang sama karna sedang Tren. Yang paling di ingat pastinya ketika ada acara Joged joged yang menjadi Tren. dan hampir semua stasiun TV membuat acara yang sama. terus ada Sinetron Binatang maka yang lain juga ikut ikutan. dan sekarang yang lagi hangat acara Stand Up Comedy. bisa kita lihat sendiri setiap TV sekarang punya acara Stand Up Comedy. inilah yang membuat masyarakat Indonesia cepat bosan dan ujung ujungnya acara tersebut tenggelam.

Tidak Punya Konsep Dan Tema
Seharusnya acara TV tayang minimal seminggu sekali (Kecuali Berita). karna dengan begini Crew Acara tersebut bisa menyusun tema ataupun Konsep acara setiap Episode. jadi acara tersebut tidak asal asalan yang cuma mengandalkan Lawakan lawakan garing. lihat saja acara acara di TV Jepang ataupun Korea. mereka selalu mempunyai tema berbeda setiap pekan.

Tidak Bisa Memilih Pengisi Acara Yang Benar
Banyak acara TV Indonesia menampilkan pembawa acara tidak tepat. contohnya seorang pelawak disuruh menjadi HOST Talkshow padahal orang tersebut (Maaf) tidak memiliki wawasan yang cukup, jadi acara yang dibawakan terkesan asal asalan. karna untuk menjadi Host Talkshow dibutuhkanpengetahuan yang luas karna akan menghadapi dan bertanya dengan bibtang tamu dari berbagai bidang. satu lagi ada acara musik tapi pengisi acara nya sendiri Nol Besar tentang musik. terdengar konyol emang acara acara TV Indonesia.

Syuting Live Karna Malas Editing
Anda tau kenapa acara Talkshow, Variety Show atau Lawak selalu tayang Live? karna Crew TV malas melakukan editing. jadi mereka tinggal show dan tayang. seharusnya acara seperti lawak atau variety Show tidak tampil Live karna Talent nya rawan kelepasan Omongan kotor/Tidak baik. seperti beberapa waktu lalu ada artis yang menghina lambang Negara.  Coba lihat acara Variety Show Jepang, China atau Korea. acara nya bagus karna editing yang keren dari Cew crew nya. seperti memberi tulisan, Background musik ataupun editing momen momen yang keren. jadi hanya momen momen bagus dan penting yang mereka siarkan. terkadan acara TV Luar Negri mereka Syuting bisa seharian tapi ketika tayang paling cuma satu Jam.

Tidak Bisa Menghasilkan Bintang/Talenta Baru
Ini bisa dibilang Konyol, Kenapa? coba kita lihat begitu banyak acara pencarian bakat di TV tapi entah kenapa tidak ada juga dari mereka yang mampu menjadi seorang Artis baru. kebanyakan acara acara TV masih didominasi oleh Artis2 Alay. Tentu saja TV TV mengadakan acara acara pencarian bakat hanya demi rating, karna ajang pencarian bakat selalu mampu menyedot penonton. seharusnya para Crew2 TV mampu melahirkan talenta2 anak muda untuk mengisi dunia entertainment kedepanya

Membuat Settingan Norak
Mungkin anda sudah ratusan kali melihat acara TV Indonesia ketika pengisi acaranya Berulang Tahun mereka akan dikerjain.. Tp itu dia ngerjainya terbilang Norak dan sudah Mainstream.. Misalnya temen/Crew nya marah2 atau ada yg pura2 berantem.. Ujung2nya Surpriseee.. Happy birthday to you.. (pengen muntah ngeliatnya) Malah sekarang d ajang pencarian bakat kyk dangdut ad acara nangis2 nya.. Ane bingung tuh kok bs ad acara nangis2.. Ada yang tau?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait: Apakah Tim Kreatif TV Indonesia Masih Pantas Disebut "Kreatif"

3 komentar:

  1. yang terakhir itu bikin kesel settingan oh settingan

    ReplyDelete
  2. ternyata bukan saya saja yang merasakan hal ini...
    salam kenal mas/mbak yang punya blogger

    100% indonesia mengalami kemunduran baik dari segi pertelevisian, siaran atau acara2 yang ditampilkan, artis dan pelaku seni lain nya...
    saya selaku penikmat seni merasa indonesia tidak memiliki hiburan yang mendidik dan alur cerita nya pun mudah di tebak.. saya berfikir itu mungkin dikarenakan pekerja seni nya saat ini baik di depan layar dan lebih besar lagi andilnya yang dibelakang layar..

    kita tidak menyalahkan tapi saya rasa artis atau bintang pada saat ini banyak terkesan murahan.. entah apa yang salah.. seingat saya kalau di flashback lagi pada zaman dulu untuk menjadi pesinetron atau pemain film harus di saring atau lebih di lihat bibit,bebet dan bobot nya.. kalau sekarang tukang gorengan yang taraf dan pola pikir nya rendah pun kalau bisa menghibur bisa langsung jadi bintang..
    di luar negri saja untuk jadi pelawak bukan dari orang yang biasa kebanyakan orang yang berpendidikan dan lawakan nya pun sangat diterima tidak dengan membully orang..
    intinya apakah memang indonesia memiliki artis atau pelaku seni yang bobrok sehingga membiarkan acara2 yang tidak bermutu tampil dan disiarkan secara berlarut larut..
    atau apakah yang pemberi izin siaran pun tidak mengerti bahwa acara siaran di pertelevisian indonesia jauh tertinggal dan tidak bermutu..
    saran saya untuk pertlevisian indonesia lebih melihat lagi ke luar dan jangan menutup mata.. dan jangan racuni masyarakat indonesia dengan acara2 yang tidak bermutu.. cukup saja negara kita ini di cap paling termiskin dan jangan biarkan orang bodoh di balik ini menambah hancur dan membuat indonesia makin hancur..
    (malu sama negara tetangga) malaysia, singapura, philiphina dan thailand yang memiliki artis atau pelaku seni yang jauh lebih bermutu.. padahal kalau banyak di indonesia lebih bermutu..

    ReplyDelete
  3. semuanya bener
    (malu kita sama negara tetangga) malaysia, singapura, philipina, dan thailand
    yang jauh lebih maju dalam pertelevisian baik artis maupun pelaku seni lain nya di depan layar ataupun dibelakang layar nya yang mampu mengahasilkan acara2 yang jauh lebih bermutu
    ini tak lepas dari yang pemberi izin siaran

    ReplyDelete