Tuesday, June 21, 2016

Inilah Alasan Kenapa Perfilman Indonesia Berjaya Di Era 70 dan 80an

Viewers.id -  Tidak bisa dipungkiri era 70 dan 80an adalah era emas perfilman Indonesia. di masa itu film film Indonesia menjadi raja di negri sendiri. banyak film yang di produksi setiap tahun. dan tentu saja film film yang di hasilkan adalah film berkualitas. siapa yang tidak tau dengan Film film Warkop DKI yang selalu mengocok perut penonton. atau film Benyamin seperti Tarzan betawi atau samson betawi. atau juga film romantis Galih dan ratna, Catatan Si Boy dan masih banyak lagi. tentu banyak hal yang menjadi alasan kenapa film Indonesia ketika itu sanhat berjaya. berikut rangkumanya

Layar Bioskop
Tak bisa dipunkiri inilah alasan utama kenapa Film Indonesia ketika itu berjaya karna Layar bioskop yang banya dan merata. hampir setap Kabupaten dan Kota memiliki Bioskop. bandingkan dengan sekarang bioskop hanya ada di kota kota besar. bahkan di Pulau Sumatra pun bioskop hanya ada di Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang Dan Lampung yang notabenya adalah ibukota Provinsi.

Dulu layar bioskop di Indonesia lebih dari 2000. sekarang diperkirakan Layar bioskop Indonesia tidak sampai 1000. bahkan tiap tahun berkurang

Pajak 
Salah satu alasan yang membuat para sineas Indonesia bersemangat dalam memproduksi Film saat itu adalah karna pajak yang terbilang kecil. bandingkan dengan sekarang film Indonesia dikenakan Pajak 10% dari biaya produksi. artinya jika biaya produksi film 2 Miliar maka akan dikenakan pajak 200 Juta. sedangkan untuk pemutaran di bioskop pembagian hasilnyaa adalah 40% Film 40% Pihak bioskop dan 20% Pajak.

Produser Berani Bayar Mahal
Saat era 70 dan 80an para produser film dinilai berani Jor joran dalam membayar aktor/aktris. contohnya Roy Marten yang saat itu menjadi Aktor termahal. setiap tahun Roy bisa bemain  sampai 5 film. bandingkan dengan sekarang, para produser berpikir 2 kali untuk membayar aktor mahal.

Lembaga Sensor Film
Banyak sineas Indonesia saat ini mengeluh dengan Lembaga Sensor Film karna sering memotong (Cut) adegan yang dianggap penting oleh sutradara dan pemotongan adegan tersebut dinilai sangat merugikan karna merusak jalan cerita. pada era 70 dan 80an lembaga sensor film belum seketat saat ini. itulah kenapa sineas Indonesia saat itu bebas berekspresi.

Stasiun TV Swasta Belum Ada
Hanya ada stasiun TVRI pada saat itu. itulah kenapa masyarakat mau datang ke bioskop sebab mereka butuh hiburan. Stasiun TV swasta baru muncul di awal 90an dan sekaligus meruntuhkan kejayaan perfilman Indonesia. karna masyarakat lebih memilih menonton TV daripada datang ke bioskop. apalagi tayangan di TV saat itu juga menayangkan film film mandarin.

Tema Beragam
Inilah alasan terpenting kenapa film film Indonesia ketika itu bisa berjaya. karna tema film yang begiru beragam. jadi para produser film tidak terjebak dan ikut ikutan dengan tema yang sedang tren. banyak genre film yang tayang di antaranya Komedi, Romantis, Nasionalisme, Horor, Action, Musikal dan lain lain. bandingkan dengan sekarang sineas Indonesia membuat tema film karna ikut ikutan tren. seperti film Hantu mesum, Film Cinta Religius dan sekarang lagi tren film film yang diangkat dari Novel.
--------------------------------------------------

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait: Inilah Alasan Kenapa Perfilman Indonesia Berjaya Di Era 70 dan 80an

0 komentar:

Post a Comment