Saat ini blogger dapat menjadi sebuah profesi, hampir sama dengan youtuber, blogger juga bisa mendapatkan keuntungan dari artikel yang mereka terbitkan. Maka untuk Menjadi Blogger yang sukses tentunya akan menguntungkan, apalagi di masa pandemi seperti saat ini dan sulitnya mencari pekerjaan, maka wajar jika banyak orang yang mulai terjun ke dunia blogging.

Namun perlu anda ketahui bagi anda para blogger pemula atau yang ingin bergabung dan membuat blog, bahwa ada satu hal yang harus di ingat bahwa menjadi blogger itu tidak mudah dan semudah kata orang lain, butuh ketekunan, banyak pengorbanan, usaha dan kerja keras.

Blogger sukses tidak terwujud dalam waktu singkat, mereka butuh proses profesional dan tips yang dipraktekkan. Tentunya akan lebih mudah jika Anda sudah memiliki blog sendiri, meskipun belum memiliki konten apapun. Namun, jika Anda seorang pemula yang baru ingin membangun blog dari nol, yuk simak Cara Menjadi Blogger Sukses dan Profesional dengan Mudah di bawah ini!

Persiapan Yang Harus Dilakukan Untuk Menjadi Blogger Sukses

Percayalah, tidak ada cara untuk menjadi seorang blogger sukses secara instan. Semuanya perlu dilakukan secara bertahap dan harus dimulai dengan persiapan yang baik. Berikut berbagai persiapan yang perlu Anda lakukan saat membangun blog pertama Anda:

1. Tentukan Tujuan

Mengetahui tujuan membuat blog adalah bagaimana menjadi blogger pemula yang baik. Ini adalah langkah pertama yang tidak boleh Anda lewati begitu saja. Dengan memiliki tujuan, Anda akan tahu bagaimana blog itu akan dibangun. Dan, ke arah mana blog tersebut akan dikembangkan.

Ini penting karena blogging bukanlah sebuah kegiatan yang akan menunjukkan hasil dalam satu atau dua hari. Butuh usaha terus menerus untuk menjadi besar. Apa tujuan dari kegiatan blogging? Untuk mengembangkan keterampilan menulis, berbagi informasi dengan orang lain, dan dapatkan penghasilan secara online. Apapun tujuan Anda, tuliskan di awal membangun blog.

2. Tentukan Topik

Banyak sekali topik blog yang bisa Anda pilih. Namun, bukan berarti Anda bisa mencakup semua topik dan membuat blog campuran atau campuran, bukan? Anda cukup memilih materi pelajaran sebagai topik. Kemudian, kembangkan topik untuk jangka panjang.

Pilih suatu topik blog yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Sehingga, tidak ada kata bosan saat mengelola blog atau kehabisan ide saat menulis konten. Selain itu, pilihlah topik yang paling dibutuhkan masyarakat. Hal ini biasanya Anda ketahui dari banyaknya pencarian yang dilakukan di search engine.

Topik yang kami maksud disini tidak hanya tentang teknologi, kuliner, fashion dan lain-lain. Namun, topik tersebut bisa berupa topik yang lebih spesifik, seperti resensi buku, rekomendasi film, dan berbagai tips produktivitas.

3. Pilih Platform Blog

Memilih platform blog adalah bagian penting dari cara menjadi blogger yang sukses. Sebab, salah memilih platform akan menghambat perkembangan blog Anda. Saat ini ada banyak pilihan platform yang tersedia. Pilih sesuai dengan tujuan dan keterampilan Anda. Untuk pemula, menggunakan platform CMS (Content Management System) adalah pilihan terbaik.

WordPress merupakan salah satu CMS yang dapat Anda gunakan. Platform ini memudahkan Anda untuk bisa mengelola blog meski tanpa keahlian coding sama sekali. Tidak hanya itu, WordPress adalah platform ramah mesin pencari. Artinya, hal tersebut akan mendukung blog Anda untuk dapat tampil di halaman utama Google dengan lebih mudah.

Cara Menjadi Blogger Sukses

1. Fokus Pada Satu Tema Utama

Tips pertama yang perlu diperhatikan untuk menjadi blogger sukses adalah menentukan tema besar atau utama terlebih dahulu. Fokus pada satu tema tersebut sampai Anda terlihat sebagai “spesialis” dalam topik atau bidang tersebut. Misalnya, Anda ingin menjadi travel blogger. Ada banyak aspek traveling yang bisa Anda angkat menjadi area liputan blog Anda.

Mulai dari jalan-jalan di kota, berburu tempat kuliner, hingga jalan-jalan mencari tempat unik, horor, dan bersejarah. Pilih salah satu yang bisa membuat Anda berbeda dari blogger travelling lainnya. Kemudian setelah pengunjung blog mulai meningkat, Anda bisa mengembangkan dan membahas tema yang lebih luas.

2. Mulailah Dengan Menulis Untuk Diri Sendiri

Setelah Anda tahu tema apa yang ingin Anda jelajahi, cobalah menulis sendiri. Anda tidak perlu khawatir apakah tulisan Anda akan dibaca atau blog Anda akan menjadi viral. Ada baiknya asah dulu gaya tulisan Anda.

Berfokuslah pada bagaimana Anda mengerjakan sebuah tema dan menuangkan ide dan opini ke dalam kata-kata. Intinya, menulislah untuk menyenangkan diri sendiri. Biasakan menulis hingga Anda merasa nyaman dan percaya diri dengan hasil tulisan.

3. Bahas Apa Yang Menarik Untuk Orang Lain

Jika Anda terbiasa menulis untuk diri sendiri, sekarang saatnya menulis tentang topik yang pasti dicari orang. Sebab, tips paling ampuh jika ingin menjadi blogger sukses adalah membuat konten yang selaras dengan hasil pencarian Google. Ahrefs melaporkan, 51% lalu lintas yang masuk ke blog berasal dari pencarian organik.

Artinya, orang masuk ke blog Anda karena tulisan Anda menjawab apa yang mereka cari berdasarkan kata kunci. Untuk mengetahui apa yang dicari orang, Anda bisa menggunakan alat pencarian kata kunci seperti Ahref, SEMrush, atau AnswerThePublic. Anda juga bisa mendapatkan ide tulisan baru dari isu-isu di media sosial yang sedang hangat dibicarakan.

4. Pelajari Teknik Dasar Seo

Selain mengetahui cara menggunakan alat pencarian kata kunci, Anda juga harus mempelajari teknik dasar SEO sebelum mulai bekerja di blog. Menurut WordPress, rata-rata blogger sukses harus memahami prinsip-prinsip penulisan SEO.

5. Buat Blog Yang Mudah Dibaca

Memang terdengar pahit. Namun, inilah kenyataannya hari ini. Orang lebih suka menonton video. Itu sebabnya gulungan Instagram dan Tiktok menjadi semakin sukses dalam beberapa tahun terakhir.

Keberadaan Twitter juga sulit tergeser. Soalnya, situs microblogging ini memudahkan orang untuk berbagi informasi dalam tulisan singkat. Nah agar Anda menjadi blogger yang sukses, tipsnya adalah menulis postingan yang mudah dicerna agar pembaca kembali lagi ke blog Anda untuk membaca artikel lainnya.

6. Buat Judul Yang Menarik

Kebanyakan orang menemukan blog dari pencarian Google atau dari media sosial. Seringkali, keputusan mereka untuk mengklik dan membaca artikel didasarkan pada judul.

Karena itulah membuat judul artikel yang menarik merupakan salah satu tips yang sangat penting jika ingin menjadi blogger yang sukses. Judul yang bagus tidak hanya membangkitkan rasa ingin tahu dan keinginan untuk mengklik, tetapi juga mendorong orang untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik yang mereka minati.

7. Seimbangkan Antara Kualitas Dan Frekuensi

Untuk menjadi blogger sukses, tips yang tidak kalah pentingnya adalah mengutamakan kualitas. Sebagai seorang penulis tentunya harus menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan berkualitas. Tidak masalah jika ini berarti Anda harus mengorbankan jumlah konten.

Lebih baik punya 1-2 artikel saja tapi SEO bagus daripada 10 artikel yang dibuat sembarangan. Seiring waktu, Anda akan dapat mencapai keseimbangan antara kualitas dan frekuensi. Bukan tidak mungkin Anda bisa menghasilkan 10 artikel SEO yang bagus jika Anda terbiasa menulis.

Demikian ulasan tentang Cara Menjadi Blogger Sukses Dan Profesional Dengan Mudah semoga bermanfaat.